SOAL :
Pemrograman Linier :
Suatu perusahaan akan memproduksi 2 jenis produk yaitu
lemari dan kursi. Untuk memproduksi 2 produk tersebut dibutuhkan 2 kegiatan
yaitu proses perakitan dan pengecatan. Perusahaan menyediakan waktu 56 jam
untuk proses perakitan dan 60 jam untuk proses pengecatan. Untuk produksi 1
unit lemari diperlukan waktu 8 jam perakitan dan 5 jam pengecatan. Untuk
produksi 1 unit kursi diperlukan 7 jam perakitan dan 12 jam pengecatan. Jika
masing masing produk adalah Rp. 200.000,- untuk lemari dan Rp. 100.000,- untuk
kursi. Tentukan solusi optimal agar mendapatkan untuk laba maksimal (Lemari = X
; Kursi = Y).
AHP :
Seorang mahasiswa UG ingin membeli sebuah telpon selular.
Setelah melihat-lihat di toko yang terletak di Margo City maka mahasiswa
tersebut menentukan ada 3 merk yang kelihatannya dapat memenuhi kebutuhannya
akan telepon seluler tersebut, yaitu Apple, Blackberry dan Samsung. Namun
demikian, ia masih merasa kesulitan untuk menentukan telpon seluler mana yang
harus dibeli. Ia minta bantuan mahasiswa teman satu kosnya yang sudah belajar
AHP untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pemahamannya dalam menentukan
keputusan untuk pembelian telpon seluler tersebut. Setelah berdiskusi dengan
temannya, maka didapatkan bahwa kriteria yang dibandingkan untuk produk telpon
selular adalah battery, camera dan touch screen. Adapun nilai kepentingan
relatif hasil wawancara adalah sebagai berikut :
Battery
|
Camera
|
Touchscreen
| |
Battery
|
1
|
1/4
|
3
|
Camera
|
4
|
1
|
7
|
Touchscreen
|
1/3
|
1/7
|
1
|
Hasil wawancara untuk kepentingan relatif dari merk yang
dikaji berturut-turut untuk battery, camera dan touch screen adalah sebagai
berikut :
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
4
|
3
|
Blackberry
|
1/4
|
1
|
1/2
|
Samsung
|
1/3
|
2
|
1
|
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
5
|
3
|
Blackberry
|
1/5
|
1
|
¼
|
Samsung
|
1/3
|
4
|
1
|
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
1/3
|
1/7
|
Blackberry
|
3
|
1
|
½
|
Samsung
|
7
|
2
|
1
|
Buatlah hirarki penyelesaian persoalan, selesaikan
perhitungan agar dihasilkan keputusan (gunakan 3 digit decimal di belakang
titik).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar