Rabu, 01 Januari 2014

Contoh angket pengisian karya ilmiah


Kata Pengantar
            Kami mengucapkan Alhamdullilah dan segala puji syukur kehadirat Allah SWT atas selesainya makalah ini. Tapa ridha dan kasih sayang serta petunjuk darinya mustahil makalah ini dapat dirampungkan.
          Makalah ini sebagai bahan pelajaran Indonesia untuk Sekolah menengah atas (SMA) kelas 11. besar harapan kami, makalah ini dapat digunakan oleh siswa-siswi SMA sebagai tambahan pelajaran B.Indonesia.
          Dalam makalah ini kami masih menyadari bahwa masih banyak kekurangan ataupun kesalahan pengucapan maupun kata, maka dari itu kami harap agar pembaca dapat memakluminya.
          Akhirnya, sesuai dengan kata pepatah “tidak ada gading yang tak retak” kami mengharapkan saran dan kritik dari teman-teman. Kami juga mengucapkan dan tak lupa juga kami mengucakan terima kasih pada Ibu Bapak Guru. Kebenaran dan kesempurnaan hanya Allah SWT lah yang punya dan maha kuasa.
             
                                                          
                                                                                  Bogor, 7 Juni 2010
                                                                                  Peyusun

Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
          Didalam pembuatan makalah ilmiah Bahasa Indonesia ini, kami dapat menyimpulkan perbandingan antara siswa siswi yang minat atau tidak dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dan juga dalam pembuatan makalah ini kami menggunakan system angket yang disebarkan ke beberapa siswa anak kelas 11, jadi hasil yang kami dapat asli berdasarkan pemantauan.
Dan kami berharap hasil penelitian ini bisa menjadi acuan dan gambaran tentang minat siswa dalam mengikuti esktrakurikuler di SMA NEGERI 1 CIAWI.
          Dan hasil penelitian dari kelompok kami melalui angket yang kami sebarkan hasilnya bervariasi.
1.2 Tujuan
         
Tujuan kami dalam pembuatan makalah ilmiah ini yaitu untuk menginformasikan kepada Guru maupun Siswa dapat mengetahui minat siswa dan siswi di SMA NEGERI 1 CIAWI.
          Melalui angket yang disebarkan oleh kami, hasil ya menunjukan sangat bervariasi. Disini juga kami dapat mengetahui info murid dan motivasi murid dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA NEGERI 1 CIAWI. Tetapi di makalah ilmiah ini juga kami bisa menginformasikan bahwa beberapa siswa juga ada yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di karenakan banyak faktor.
1.3 Masalah
          Banyak beberapa masalah yang menghambat siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di SMA NEGERI 1 CIAWI yaitu diantaranya :
1. Minat dari Siswa itu sendiri
2. Waktu luang dari Siswa itu Sendiri
3. Semangat mengikuti dari Siswa
4. dll.
1.4 Manfaat Penelitian
         
dari hasil penelitian ilmiah yang kami lakukan di lingkungan sekolah kami dapat mengetahui seberapa besar ekskul yang diminati oleh para siswa. Dan kami dapat mengetahui berapa perbandingan antara siswa yang mengikuti ekskul dan yang tidak mengikuti ekskul melalui angket yang kami sebarkan ke beberapa siswa dan siswi.
Padahal manfaat dari kegiatan ekskul itu bisa dibilang sangat penting, hal ini dinyatakan karena kegiatan ekskul itu bisa membentuk kepribadian dari seseorang, disamping itu kegiatan ini juga siswa bisa menemukan jati dirinya,lalu siswa bisa mengembangkan kemampuan bakat yang dimiliki nya,  dan juga jika mengikuti kegiatan ekskul di sekolah kita bisa menambah nilai tersendiri untuk di bidangnya.
BAB II
Pembahasan
2.1 soal isi angket
1) Apakah anda mengikuti esktrakulikuler di sekolah ?
a) Ya                           b) Tidak
2) Ekstrakulikuler apakah yang anda ikuti di sekolah ?         
a)      Jika Ya, apa …………………………………………
b)      Jika Tidak, mengapa…………………………………
3) Apakah ekstrakulikuler yang anda ikuti sudah berjalan dengan baik ?
a) Ya                           b) Tidak
4) Menurut pandangan anda, ekstrakulikuler apakah yang paling diminati oleh
    para siswa ?
a) Basket         b) Volly           c) Futsal          d) (pilihan lain)
5) Apakah ada perubahan dalam diri anda, setelah mengikuti kegiatan
ekstrakulikuler ?
a) Ya                           b) Tidak
6) Apakah faktor teman berpengaruh pada minat kegiatan ekstrakulikuler anda ?
a)      Ya, mengapa ………………………………………………………………….
b)      Tidak, mengapa………………………………………………………………..
7) Apakah setelah anda mengikuti ekstrakulikuler bakat dan minat anda dapat
    tersalurkan ?           
a) Ya                           b) Tidak
8) Apakah anda bisa menyeimbangi antara waktu bermain dengan ekstrakulikuler ?
a) Ya                           b) Tidak
9) Apakah prestasi ekstrakulikuler anda baik ?
a) Ya                           b) Tidak
10) Apa yang membuat anda bersungguh – sungguh dalam mengikuti
      ekstrakulikuler ?
a)      Tekad dari diri sendiri                   c) pengaruh teman atau pacar
b)      Dorongan orang tua                     
2.2 Hasil penelitian
       Dalam hasil penelitian kami yang kami buat berdasarkan system angket, kmi dapat membandingkan antar siswa yang memang mempunyai bakat dan minat ataupun tidak. Itu bisa terlihat dari rasa kemauan, tekad, dan pengorbanan dari siswa itu sendiri.
Dari hasil angket yang kami sebarkan ke banyak siswa banyak siswa terutama laki laki menyalurkan bakat dan hobi nya ke dalam ekstrakurikuler seperti eskul basket, futsal, dan sepakbola. Itu bisa terlihat dari semangat dan kemauan dari murid itu sendiri, tetapi tidak siswa laki-laki juga yang mengikuti eskul itu, kaum wanita juga banyak yang mengikuti eskul olahraga yang melelahkan itu.
2.3 Pembahasan
1. Minat Siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
      
berdasarkan hasil penelitian dari angket ini, kami dapat menyimpulkan bahwa tidak semua siswa mempunyai minat untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dikarenakan beberapa factor seperti malas, tidak bisa, atau lain lain.
       Apalagi dari sekolah juga tidak terlalu mewajibkan untuk para siswa nya mengikuti kegiatan ini. Jadi tidak aneh bila tidak sedikit siswa banyak beranggapan “ekstrakurikuler itu tidak terlalu penting” tetapi ada juga siswa yang menyalurkan minat dan bakatnya pada kegiatan ekstrakurikuler dan beranggapan “ekstrakurikuler itu sangat penting untuk bisa menyalurkan bakat maupun hobi nya”. Maka dari itu banyak beragam siswa memiliki pendapat masing-masing tentang kegiatan ini.
       Selain itu ada siswa yang memiliki semangat mengikuti ekstrakurikuler karena dorongan dari orang terdekat sepereti orang tua maupun pacar, atau karena banyak teman-teman nya mengikuti kegiatan ini jadi dia pun ikut. Jadi semua kembali lagi kepada siswa itu sendiri dalam mengikuti kegiuatan ekstrakurikuler ini.
       Bila siswa mengikuti kegiatan ini karena suatu hal mungkin siswa itu tidak akan terlalu tahan lama dalam pengikutan kegiatan ini. Tetapi terluhat jika siswa yang mengikuti kegiatan ini dengan serius. Dia bisa mengukir prestasi yang bisa membuat bangga sekolah maupun dirinya sendiri.
2. waktu menjadi hambatan
Banyak siswa mengeluhkan tentang waktu kegiatan pelaksanaan ekstrakurikuler ini SMA NEGERI 1 CIAWI ini. Siswa yang beranggapan seperti itu mengeluhkan karena diri nya juga mempunyai kesibukan lain selain di luar kegiatan ini. Siswa itu beranggapan “saya tidak bisa mengikuti ekstrakurikuler ini karena bentrok dengan acara saya” seperti itu pendapat sebagian siswa pada kegiatan ini.
       Tetapi ada sebagian siswa juga yang mengorbankan waktu di luar sekolah untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA NEGERI 1 CIAWI, menurut nya “daripada membuang waktu untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik mengikuti kegiatan ini” ada juga siswa yang beranggapan seperti itu.
       Maka dari itu dapat kami simpulkan melalui perbandingan dari angket antara siswa yang bersungguh-sungguh dan tidak.
3. Semangat dari siswa
semangat dari siswa juga menjadi hambatan untuk mengikuti kegiatan ini. Karena tidak sedikit siswa yang bersemangat dalam mengikuti kegiatan eskul di sekolah.
       Banyak siswa yang mengikuti kegiatan eskul yang semangat pada pertama nya saja, tetapi selanjut nya menjadi malas. Karena beberapa factor seperti banyak teman atau sedikit.
       Tetapi tidak semua siswa begitu, ada juga yang semangat dan diikuti rasa semangat dari dalam diri nya sehingga terbentuklah keserasian antara seorang siswa dengan bakat nya. 
BAB III
Metode Penelitian
3.1 Tempat dan waktu penelitian
       Tempat   : Lingkungan SMA NEGERI 1 CIAWI
       Waktu     : 1 minggu (jam istirahat)
Tanggal   : 2 Mei -8 Mei 2010
3.2 Metode dan Teknik Penelitian
       Metode dan Teknik yang kami gunakan yaitu dengan cara pembagian angket pengisian dan melakukan wawancara pada siswa yang bersangkutan.

BAB V
Penutup
3.2.1 Saran
            kami menyarankan kepada semua siswa untuk lebih meningkatkan lagi prastasi di bidang eskul nya dan bila yang belum mengikuti eskul harap mengikuti nya karena eskul juga menjadi bagian yang penting dalam menyalurkan bakat dan minat
3.2.2 Kritik
            Kami sangat terbuka untuk menerima kritik dari semua para pembaca baik itu yang bersifat membangun maupun mengkritik dari kekurangan kami
3.3.3 Salam Penutup
            Demikian makalah ini kami buat. Kami mohon maaf bila ada kekurangan karena kami juga masih dalam tahap pembelajaran.

Daftar Pustaka
Eko.dkk:2010.minat siswa dalam mengikutikegiatan ekstrakulikuler di sekolah.SMA NEGERI 1 CIAWI.BOGOR
www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar