Sabtu, 18 Januari 2014

Banjir


Banjir merupakan fenomena alam yang sering terjadi. Salah satunya ketika musim hujan tiba pasti di satu daerah ada yang terkena banjir. Akibat hujan, air pun meluap di permukaan kedap air dan tidak terserap dengan cepat. Endapan dari hujan atau pencairan salju cepat melebihi kapasitas saluran sungai. Rintangan drainase tidak terduga seperti tanah longsor, es, atau  puing-puing dapat mengakibatkan banjir perlahan. Sungai-sungai yang ada sudah tidak lagi berfungsi maksimal dalam menampung air. Selain karena pendangkalan dan rumah-rumah penduduk yang menyemut di sepanjang pinggiran sungai, juga karena sungai-sungai ini penuh dengan sampah.Berbagai jenis sampah dapat ditemukan di badan sungai yang menghambat aliran sungai.
Akan tetapi bukan faktor sampah saja yang menyebabkan terjadinya banjir, namun karena banyaknya pembangunan gedung di pusat kota yang menggangu saluran aliran air seperti gorong-gorong atau selokan. Jika sudah terjadinya banjir baru saja masyarakat yang berfikir betapa ruginya membuang sampah sembarangan jika akan berdampak seperti banjir.
Untuk mencegah terjadinya banjir terutama pada daerah langganan banjir mari kita sama-sama berlaku disiplin seperti  membuang sampah pada tempatnya, dan membersihkan aliran sungai dan selokan, dan membuat lubang biopori sebagai penyerap air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar