Kamis, 28 Maret 2013

Hati-hati Memilih Kosmetik


Banyak produk perawatan kulit beredar di Indonesia. Mulai rambut hingga ujung kaki semua tersedia produk perawatannya. Bentuk dan fungsinya semakin disesuaikan dengan jenis kulit pemakainya mulai dari kulit berminyak, kering, dan normal. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.
Namun, sekarang banyak produk yang mengandung bahan berbahaya di dalamnya. Merk terkenal dan harga yang mahal tidak menjadi jaminan produk tersebut aman.
Beberapa sampel kosmetik yang dites melalui uji laboratorium menunjukan hasil yang sangat mencengangkan, ternyata produk perawatan kulit banyak megandung bahan berbahaya seperti merkuri, zat pewangi, zat pewarna, mineral oil, atau zat tambahan lainnya yang berbahaya untuk kulit. Apabila zat-zat tersebut dikonsumsi oleh kulit secara berlebihan dalam jangka pendek akan menimbulkan iritasi dan bila dipakai dalam jangka panjang akan menyebabkan kanker kulit.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah zat kimia tersebut masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu kenali dengan cermat produk kecantikan sebelum digunakan. Pastikan produk yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM Indonesia. Ciri-ciri kosmetik yang menggunakan merkuri yaitu ketika kita menghentikan pemakaian, kulit akan menjadi lebih hitam atau kusam dari sebelumnya.
Jadilah konsumen cerdas untuk menghindri kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar