Kamis, 28 Maret 2013

Asinan Bogor



Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Bogor tanpa menikmati salah satu hidangan khas kota ini. Asinan Bogor merupakan salah satu ikon Kota Bogor, karena makanan ini banyak diburu oleh para pengunjung untuk dibawa pulang. Makanan khas Bogor berbahan aneka sayur dan buah ini memiliki sensasi rasa manis, asam, dan pedas.
Jenis asinan yang tersedia ada dua macam yaitu asinan sayur dan asinan buah. Asinan sayur berisi irisan kol, toge, wortel, timun, sawi asin dan tahu, dikuahi kuah asinan yang sangat khas berwarna merah yang asam dan pedas. Disajikan bersama kacang tanah dan kerupuk kuning.
Selain itu, adapula asinan buah. Potongan mangga, pepaya, nanas, bengkuang, jambu air, kedondong yang dipotong tipis-tipis, disajikan dengan cara yang sama seperti asinan sayur.
Namun, untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan sebaiknya jangan memakan asinan yang terlalu pedas, karena makanan ini mempunyai rasa yang asam dan pedas yang tidak baik untuk lambung. Permukaan lambung akan menjadi rapuh dan mudah mengalami luka jika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas.
Di seputar Bogor ada banyak gerai yang menjual asinan bogor. Dari penjual kaki lima hingga toko besar. Harganya pun cukup terjangkau yaitu rata-rata Rp 15.000,00/bungkus.
Penasaran dengan sensasi rasa manis, asam, pedasnya? Silahkan coba sendiri, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar