Selasa, 26 Maret 2013

LAPORAN AKHIR LINUX


Nama                             Eko Ferdiansyah
Npm                               : 12111379
Kelas                              : 2KA06
Materi praktikum         Linux
Tanggal praktikum      18 Maret 2013
Ketua Asisten                : Dicky F
Asisten baris                  : Matilda
Paraf Asisten                :













LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2012/2013

·   Langkah  pertama  yang kita lakukan yaitu membuat nama file dengan ekstensi.c . contohnya yang saya buat vi eko.c jika sudah lalu enter.


vi eko.c =  vi Berfungsi untuk mengisi sebuah text editor dan juga berfungsi memasukan eko ke dalam sebuah direktori dan sekaligus  penamaan pada program yaitu eko dan .c adalah untuk bahasa C.


·   Selanjutnya pada bagian bawah harus ada tulisan INSERT, jika sudah ada ketik#include<studio.h> . setelah itu ketikan beberapa perintah seperti printf(“Nama : Eko Ferdiansyah\n”);  sampai printf (“hobi : badminton\n);  seperti dibawah ini
.


#include<stdio.h> = Kode #include adalah perintah untuk kompiler, Artinya kira-kira "sertakan ini:". <> adalah kurungan untuk isi dari "yang mau disertakan", apa itu stdio.h (Standar Input Output) jadi stdio.h berfungsi sebagai berkas yang berisi definisi-definisi untuk masuk dan keluarnya data.

main() = berfungsi sebagai inti dari sebuah program yang dibuat dan merupakan awal dan akhir dari eksekusi program.

{} =    fungsi { untuk diletakkan di bawah nama fungsi main menunjukkan tanda awal dari perintah-perintah yang akan dieksekusi atau biasa disebut dengan awal dari function body, dan
            fungsi } untuk mengakhiri atau menutup suatu proses pemrograman dan juga akhir dari sebuah function body

Printf(“ “); = Untuk mencetak sebuah kalimat, seperti pada halnya dalam pascal Write, dalam Basic PRINT, dan lain-lain

\n”); = ini termasuk di dalam printf(“ “); fungsi dari \n ini adalah sebagai mengakhiri kalimat di suatu baris yang di print ke dalam output.

.wq = berfungsi untuk kembali ke tampilan awal dan keluar dari text editor
Tampilan yang muncul setelah di enter adalah tampilan awal, maka gcc eko.c –o programlalu enter. Jikatida kterjadikesalahan pada pengetikan program lanjut kita ketik./program sepertidibawahini.


Gcc (spasi) namafile.c (spasi) –o (spasi) namabaru : ini berfungsi sebagai compiler, gcc(GNU C Compiler) prosesnya dengan mengganti namafile yang ada dengan nama baru agar mempermudah dalam proses run program
./namabaru = berfungsi untuk menrunning program dan menghasilkan output dari program yang kita buat

·   Setelah itu tekan enter, maka keluarlah outputnya. Dan program pun selesai dengan output yang diharapkan seperti dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar