Minggu, 05 Mei 2013

Uang


Uang adalah alat transaksi untuk melakukan proses jual beli secara resmi. Pada saat ini uang adalah factor utama untuk mengusai seusatunya, karena uang bisa membeli apapun entah itu barang ataupun jasa. Dahulu sebelum adanya uang proses transaksi dilakukan secara barter, atau secara menukarkan barangnya. Tetapi untuk lebih memudahkan setiap orang dalam bertransaksi, diberlakukanlah uang untuk memenuhi proses tersebut. Uang dari masa kemasanya semakin berubah entah itu bentuk atau motifnya. Tetapi uang secara umum dibagi menjadi dua, yaitu uang kertas dan uang logam.
Dari masa kemasanya uang semakin memiliki perubahan entah itu dari bentuk ataupun nominalnya. Jika dari nominal mungkin sepintas sama, tapi harga beli dari uang itu sangatlah berbeda dari masa kemasanya. Contohnya seperti, jika zaman dulu uang 500 rupiah bisa dijadikan tarif angkot, namun berbeda dengan sekarang yang tarif angkotnya menjadi 2000 rupiah. Hal ini terjadi karena adanya pergesaran harga yang semakin meningkat seperti BBM.
Tetapi sayangnya orang Indonesia itu yaitu dalam menghargai uang itu sendiri. Ketika uang menjadi sesuatu yang berguna dan bisa memiliki segalanya, tapi mengapa kesadaran orang untuk menghargai uang itu sangatlah tidak terlihat bahkan tidak ada. Contohnya seperti, di Indonesia uang yang sudah kusut atau yang banyak tulisan coretannya masih saja berlaku, tetapi berbeda dengan di luar negeri seperti dollar di Amerika yang sanget menjadi keutuhan bentuk fisik dari uangnya, ketika uang itu menjadi kusut atau terdapat sedkit lipatan, nominal uang itu akan turun, bahkan uang itu menjadi tidak berlaku untuk melakukan proses jual beli atau transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar