Selasa, 02 April 2013

Angka Pengangguran di Indonesia



Perekonomian Indonesia pada tahun 2012 dikabarkan membaik dan stabil. Begitu pula dengan angka pengangguran di Indonesia. Seperti yang diungkapkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar bahwa pasar kerja Indonesia berkembang cukup berarti dan ditunjukan dengan turunnya jumlah pengangguran menjadi 6,14%  pada Agustus 2012. Menurut Muhaimin, jumlah pengangguran telah berkurang 460.000 orang dibanding Agustus 2011.
            Walaupun angka pengangguran saat ini masih tinggi tapi pemerintah tetap berusaha untuk menekan angka pengangguran secara intensif. Hal ini dilakukan untuk menanggulangi masalah pengangguran di berbagai daerah di Indonesia.
            Dalam mengatasi masalah ini tentunya tidak mudah, banyak sekali faktor yang menyebabkan tingginya angka pengangguran. Salah satu faktor tersebut adalah pendidikan, banyak tenaga kerja Indonesia yang memiliki pendidikan kurang. Minimnya pendidikan menyebabkan rendahnya kualitas dan daya saing dalam memperoleh kesempatan kerja. Hal ini dimanfaatkan oleh para investor untuk membuka lapangan pekerjaan di Indonesia, karena Upah Minimal Regional (UMR) di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lain.
            Manakertrans sudah berupaya untuk mengurangi angka pengangguran. Seperti peningkatan SDM dengan membangun kompetisi, pembangunan sistem pendidikan, dan mengembangkan program kewirausahaan. Oleh karena itu, para lulusan SMA/SMK ataupun Universitas harus mempunyai daya saing yang baik agar tidak kalah bersaing ketika berkompetisi di Indonesia maupun di luar Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar