Rabu, 24 April 2013

Efek Samping Kopi Bagi Kesehatan

Setiap orang pasti sudah mengenal apa itu yang namanya kopi, sebuah minuman panas atau hangat yang sangat cocok disajikan ketika waktu santai. Dengan warna yang khas kopi telah menjadi ciri khas orang Indonesia, karena hampir seluruh kalangan sering mengkonsumsinya. Namun di sisi lain kenikmati menyantap kopi ini, ada beberapa efek sampingnya bagi tubuh dan kesehatan manusia diantaranya seperti :

  • Menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat
kopi yang bertidak sebagai stimulan sistem saraf pusat, yang mengakibatkan kerja jantung memompa lebih   cepat. untuk itu bagi seseorang yang mengidap penyakit jantung tidak dianjurkan untuk meminum kopi lebih dari secangkir perharinya.
  • Menyebabkan asam lambung sehingga mengakibatkan sakit maag
untuk seseorang yang tidak terlalu sering meminum kopi mungkin efek ini belum begi dirasakan, namun jika seseorang meminum kopi dalam jangka waktu yang panjang efek ini akan terasa dengan sendirinya.

  • Dapat menimbula\kan efek susah tidur atau insomnia
memang benar, kopi itu dapat dijadikan obat ngantuk, dikarenakan suatu campuran zat didalam kopi itu sendiri yaitu caffeine yang menyebabkan tingkat kesadaran dan kewaspadaan cenderung meningkat.

  • Bagi wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi
setiap ibu hamil yang mengkonsumsi kopi atau menkonsumsi kafein lebih 100mg/harinya, beresiko mengalami keguguran. hal ini disebabkan karena kafein membuat detak jantung semakin meningkat sehingga mempengaruhi janin yang dapat menyerang plasenta dan masuk kedalam sirkulasi darah janin.

mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk efek samping dari mengkonsumsi kopi. untuk para penikmat kopi setidaknya bisa menyadari akan efek samping dari kopi seindiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar